Misteri Cahaya Oranye Di Langit Rusia

cahaya-terang-dilangit-russia-nov-2014

 

 

Kilatan sinar berwarna oranye yang luar biasa terangnya telah menerangi langit di wilayah Sverdlovsk di daerah Ural, Rusia. Sementara penduduk setempat menangkap ‘ledakan’ besar di berbagai kamera, begitu pula para ilmuwan dan layanan darurat masih berjuang untuk menjelaskan peristiwa yang tidak biasa itu.

Langit malam yang gelap di kota Rezh di wilayah Sverdlovsk Rusia dekat Ekaterinburg berubah oranye terang untuk beberapa sepuluh detik pada tanggal 14 November 2014 lalu dan tertangkap dengan beberapa kamera oleh penduduk setempat.

Seorang pengemudi mengabadikan melalui video fenomena kilatan besar itu dengan kamera dasboard (dashcam) miliknya, kemudian memposting videonya di YouTube, dan seketika banyak orang berkomentar karena mereka telah melihat juga kilatan yang sama.

 

kilatan-cahaya-oranye-dilangit-rusia

 

Seorang remaja di kota Rezh juga memfilmkan fenomena itu dengan ponselnya. Tak lama kemudian beberapa video juga ikut diunggah oleh warga Rusia lainnya yang berhasil merekamnya.

Menurut situs E1.ru, para pejabat pelayanan darurat menduga bahwa pihak militer berada dibalik kilatan cahaya dilangit itu, karena mereka mungkin memiliki prosedur dalam peledakan dan pemusnahan persenjataan yang telah dijadwalkan. Pemerintah kota juga mengatakan pembuangan amunisi seperti itu mungkin saja terjadi, sementara militer sendiri membantah bahwa mereka berada di belakang misteri ini.

“Tidak ada latihan dan pelatihan yang berlangsung pada hari itu, dan tidak ada unit militer yang berbasis di wilayah ini, jadi kami tidak ada hubungannya dengan hal itu,” kata layanan pers militer kepada E1.ru.

Sebuah bola api yang disebabkan oleh tabrakan asteroid dengan atmosfer bumi adalah salah satu kemungkinan lain yang diduga dan membuat langit diatas daerah Ural itu terlihat seperti terbakar.

“Sepertinya ada bolide (meteorid) yang jatuh, yang menyerang kita. Karena awan rendah telah menutupinya saat ada di atas awan dan akibatnya, efeknya menerangi seluruh langit,” ucap anggota Meteorit Komite dari Russian Academy of Sciences atau Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Viktor Grokhovsky mengatakan kepada 66.ru.

Sedangkan astronom lainnya, Vadim Krushinsky, meragukan teori rekannya, dan mengatakan bahwa warna kilatan warna orangye yang sangat terang itu tidak mendukung spekulasi asteroid.

Menurutnya, “Warna cahaya tergantung pada suhu badan asteroid, dan kilatan cahaya yang disebabkan oleh bolides biasanya berwarna putih”, ia menjelaskan kepadaEkburg.tv.

kilatan-cahaya-oranye-dilangit-sverdlovsk-rusia

Lain halnya dengan insinyur observatorium yang memiliki teorinya sendiri, ia mengatakan bahwa adanya peluncuran roket ruang angkasa pada malam itu kemungkinan sebagai penyebabnya.

Sebuah jalur peluncuran dari Plesetsk Cosmodrome terletak di atas daerah itu, kata Krushinsky. Namun, menurut situs Badan Ruang Angkasa Federasi Rusia (Russian Federal Space Agency’s), peluncuran terbaru dari kosmodrom Plesetsk terjadi pada tanggal 29 Oktober lalu, dan berikutnya direncanakan pada 24 November 2014.

Orang-orang di daerah Urals pernah menyaksikan mirip ‘invasi’ dari luar angkasa itu satu setengah tahun yang lalu, ketika meteorit Chelyabinsk yang terkenal menghantam wilayah tersebut.

Sebuah ledakan dari bola api besar yang meluncur di wilayah Chelyabinks Russia pada Februari 2013 lalu, menyebabkan lebih dari seribu orang luka-luka dan sebagian besar korban luka oleh pecahan kaca dan juga merusak banyak bangunan perumahan dan industri. (RT/E1.ru/Ekburg.tv/66.ru)

(Sumber : indocropcircles)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s